oleh

Pangdam Hasanuddin Resmikan Aula Andi Deppu Korem 142 Tatag

Sulbar, Mercuriustopfm – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Hal tersebut diungkapkan Pangdam XIV/Hasanuddi Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si saat meresmikan Aula Andi Deppu Korem 142/Taroada Tarogau Mamuju Sulawesi Barat, Selasa (14/05).

Aula yang berada di kompleks Makorem tersebut, diberi nama Andi Deppu yang diambil dari nama seorang pahlawan nasional yang dijuluki Ibu Agung Andi Deppu, berasal dari Polewali Mandar. Beliau adalah pahlawan wanita pertama dalam sejarah Kerajaan Balanipa yang gigih dan berani berjuang mempertahankan kemerdekaan bersama rakyatnya melawan NICA pada tahun 1946.

Tak hanya itu, dalam perjalanan hidup beliau juga dinobatkan sebagai Arayang atau Maraqdia Balanipa (sebutan bagi Ratu yang memimpin kerajaan), dan saat itu menjadikan Istana kerajaannya sebagai markas para pejuang Republik Indonesia di Mandar.

Hal itu lah yang melatarbelakangi nama Aula tersebut, dengan harapan nama Andi Deppu dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus bangsa atas semangat perjuangannya akan selalu terpatri di sanubari bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Sulawesi Barat dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa.

Dalam kesempatan itu, Pangdam Mayjen TNI Surawahadi mengajak segenap masyarakat Sulawesi Barat, agar memaknai pemberian nama Aula Andi Deppu sebagai refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa yang bermartabat sebagaimana motto, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”.

Selain itu, Pangdam juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur dan segenap unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Barat, atas kesediaannya hadir di tempat ini.

“Semoga silaturrahim ini, dapat menambah kebersamaan kita untuk selalu menciptakan suasana kedamaian dan kenyamanan di wilayah Sulawesi Barat,” ungkapnya.

Usai meresmikan Aula Andi Deppu, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan disaksikan Gubernur Sulbar, Raja Mamuju, Bupati Mamuju Tengah Wakapolda Sulbar, Danrem 142 /Tatag, dilanjutkan foto bersama

Selain peresmian Aula Andi Deppu, acara yang dikemas dalam suasana santai sambil berbuka puasa bersama dan shalat Maghrib serta shalat Isya dan Tarawih berjamaah. Sebelumnya diisi tausiyah oleh Ustadz Abdul Rasyid, S.Pd.I yang juga Ketua Pondok Pesantren Syahid Al Hidayah Patiddi dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Ketua PersitKartika Chandra Kirana Daerah XIV Hasanuddin Ny. Endang Surawadi, Asintel dan Aspers Kasdam, Kabintaldam, Kapendam dan para pejabat jajaran Korem 142/Tatag serta unsur Forkopimda Sulbar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed