oleh

Mudik Bareng Jasa Raharja Sulsel, Ini Kota Tujuannya

Makassar, Mercuriustopfm – Sukses menyelenggarakan mudik gratis bareng Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan tahun 2018. Kini di tahun 2019 Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan, kembali menyelenggarakan mudik gratis.

Kali ini Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan (Sulsel) akan memberangkatkan 1.556 orang pemudik. Kouta ini meningkat dua kali lipat yang sebelumnya di tahun 2018, hanya memberangkatkan 1.060 orang.

Selain meningkatkan jumlah pemudik laut dan darat, Jasa Raharja Cabang Sulsel juga akan menambah kouta tujuan, yakni Surabaya dan Malili.

Kepala Cabang Jasa Raharja Sulawesi Selatan, Jahja Joel Lami mengatakan, tahun 2019 ini kita siapkan 1.556 kouta, ada peningkatan yang luar biasa dari tahun sebelumnya

“Tahun lalu kita hanya memberangkatkan 1.060 untuk transportasi darat dan laut. Dan untuk laut hanya satu kota tujuan, yakni Bau-Bau. Tahun ini kita tambahkan tujuan Surabaya. Ke Bau-Bau 500 pemudik dan ke Surabaya 500 pemudik,”ujar Jahja di kantor Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan, Jalan Ratulangi Kota Makassar, (Selasa 9/4/2019).

Sedangkan untuk transportasi darat, pihaknya menyiapkan 16 bus untuk enam kota tujuan. “Ada ke Mangkutana, Masamba, Malili, Mamuju, Palopo dan Tanah Toraja,”terangnya

Jahja mengharapkan untuk 1.556 kouta itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Apalagi persyaratannya cukup mudah untuk bisa menikmati mudik gratis bareng Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan ini.

“Persyaratannya, sederhana aja, karena tujuan kami adalah untuk mengalihkan orang melakukan perjalanan mudik itu dari menggunakan kendaraan bermotor roda dua ke bus, maka syarat yang kami wajibkan adalah memiliki KTP, STNK dan SIM C,” terangnya

“Sedangkan untuk yang mudik via laut, cukup menyediakan KTP dan kartu keluarga (KK)  saja, karena syarat untuk membeli karcis di Pelni itu harus memiliki KTP dan Kartu Keluarga,”tambahnya

Dia pun menjelaskan, untuk tujuan Mangkutana, pihak Jasa Raharja menyediakan dua bus, dengan maksimal penumpang 100 orang. Ke Masamba 2 bus, dengan maksimal penumpang 61 orang.

Selanjutnya ke Malili 2 bus, dengan maksimal penumpang 64 orang. Ke Mamuju 3 bus, dengan maksimal penumpang 94 orang. Ke Palopo 3 bus, dengan maksimal penumpang 93 orang. Sedangkan yang ke Tana toraja akan disiapkan 4 bus dengan maksimal penumpang 144 orang, jadi total yang menggunakan angkutan darat berjumlah 556 penumpang.

Untuk pembeberangkatan 16 bus sendiri menurut Jahja, yaitu tanggal 31 mei 2019. Dan akan diadakan acara pelempasan serentak di parkiran Mall Phinisi Point, jalan Tanjung Bunga Makassar.

Sedangkan untuk kapal laut tujuan Bau-Bau dan Surabaya akan diberangkatkan mengikuti jadwal kapal di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

“BUMN Mudik bareng 2019 ini merupakan wujud kepedulian Jasa Raharja terhadap masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik lebaran. Selain itu juga bertujuan untuk mengalihkan pengguna sepeda motor ke moda transportasi yang relatif aman dan nyaman sehingga dapat mengurangi kepadatan jalan raya dan meminimalisasi angka kecelakaan,” tutup Jahja

Mudik gratis ini disambut hangat oleh Nurhuda (50). Perantau asal kota Surabaya jawa Timur tersebut merasa bahagia dengan adanya mudik gratis tersebut

“Saya sangat bersyukur dengan mudik gratis ini. Saya sudah daftar 3 orang anggota keluargaku, saya, istri saya dan anak saya untuk mudik menggunakan kapal laut,” ujar Nurhuda, saat pendaftaran mudik gratis di kantor Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan, Selasa (9/4/2019)

Pria yang sudah tinggal selama 6 tahun di kota Makassar ini mengaku, mudik gratis ini sedikit menekan biaya transportasi bagi keluarganya, walaupun mudik hanya ditanggung untuk pergi saja, dirinya tetap merasa puas

“Senang mas, sedikit membantu, tak apa hanya dibayar perginya, nanti uang untuk perginya saya pakai buat beli oleh-oleh untuk keluarga di Surabaya,”pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed