oleh

Profil Insan Tanri, Caleg Sulsel 9: Integritas adalah Segalanya

mercuriustopfm.com – Masa pencoblosan sisa 11 hari lagi. Jika dihitung hingga tahapan kampanye 13 April 2019, itu berarti peserta Pemilu 2019 [parpol] hanya punya waktu tujuh hari lagi untuk mengkampanyekan para jagoannya [masa tenang 14 -16 April].

“Detik-detik yang mendebarkan. Ibarat bermain sepak bola, ini adalah masa injury time, sebuah momen yang mungkin saja dapat membalikkan keadaan. Yang kalah mungkin saja jadi pemenang, dan tim yang lagi unggul boleh jadi terpaksa jadi pecundang,” sebut A Insan P Tanri, di Makassar, suatu ketika.

Andi Insan P Tanri, adalah salah satu caleg Partai Demokrat yang ikut berlaga di kontestasi pemilihan legislatif 2019. Namanya ada di nomor urut 2, Daerah Pemilihan 9 yang meliputi tiga kabupaten di Suawesi Selatan, yakni Kabupaten Sidrap, Pinrang dan Enrekang.

Di Dapil 9 ini, Andi Insan disebut-sebut sebagai ‘kompetitor kuat’  bagi dua rekan separtainya: Andi Iwan dan Abdul Latif. Nama pertama adalah sahabat dekatnya sendiri [putra Bupati Pinrang], dan nama yang kedua ialah eks Sekretaris Provinsi Sulsel.

“Tapi ini zona politik praktis, the art of possibility, seni kemungkinan”, katanya dengan ekspresi tenang dan agak dingin. Dirinya mengutip The Art of Possibility: Transforming Professional and Personal Life, sebuah buku karangan Rosamund Zander and Benjamin Zander, tahun 2000.

Buku ini, jadi salah satu koleksi perpustakaan pribadinya. Sesekali menemaninya dalam sebuah perjalanan panjangnya, kadang dibaca kadang pula hanya diletakkan begitu saja di dalam kabin mobilnya.

Silaturahmi dengan Wa’ Tappu, Tokoh Masyarakat Towani, Desa Otting, Sidrap. Foto: Sabir Demokrat

“Hidup itu penuh misteri, Bung. Sesuatu yang tidak mungkin terjadi atas diri kita, boleh saja jadi mungkin. Begitu pun sebaliknya. Karenanya, jika punya sebuah impian maka cobalah untuk berbuat dan meraihnya. Selebihnya, biarlah menjadi urusan Yang Maha Berkehendak,” katanya penuh filosofis.

Andi Insan P Tanri, lahir di Pare-pare,  9 November 1959. Huruf “P” di tengah namanya adalah inisial dari Parenrengi, nama ayahnya. Ia adalah seorang ayah dari tiga putra-putri: A Indri Bungawali, A Muntu dan A Uchank dari istrinya tercinta, Nur Adriani [A Chipa] Andi Ranggong.

Ketua Partai Demokrat Sidrap ini, menyelesaikan pendidikan formalnya, antara lain di SMA Negei 10  Jakarta, 1979,  dan STIE Malang, Jawa Timur, 2011, program Magister, program studi Ilmu Manajemen.

“Saya cuma punya integritas dan komitmen. Yang lain, mungkin hanya akan berkata ‘good bye’ setelah terpilih dan akan kembali lagi setelah 5 tahun. Kalau saya, Insyaa Allah kita akan terus bersama minimal selama 5 tahun. Doakan, semoga saya terpilih,” pintanya mengakhiri obrolan.

Penulis: Hari Triadi

Editor: Iwan R Rachman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed