oleh

Buka Tiga Program Baru, BP2IP Mengganti Nama Menjadi Politeknik Pelayaran Barombong

Makassar, Mercuriustopfm – Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong, secara resmi membuka tiga program baru di tahun 2019. Program tersebut yakni program Neutika, program permesinan kapal dan program manajemen transportasi laut.

Menurut Kepala BP2IP Barombong, Kapten Sugiyono, proses pendaftaran di BP2IP telah berjalan melakukan seleksi hingga pertengahan April mendatang. Tidak hanya itu, nama BP2IP telah berubah nama menjadi Politeknik Pelayaran Barombong.

“Izin untuk progran baru kita sudah keluar dari Kemenristekdikti. Nanti itu ada program baru Diploma-III, itu ada tiga program nantinya, yakni Permesinan Kapal, Neutika dan Managemen Transportasi,” ujar Sugiyono, Rabu (27/3).

Untuk siswa yang diterima di program baru ini nantinya, tiap kelas di isi oleh 24 orang.
“24 untuk Teknik Perkapalan, 24 untuk Neutika dan 24 untuk Permesinan,” jelasnya

Sementara untuk seleksi siswa baru dimulai pada pertengahan April atau Awal Mei. Saat ini sedang berlangsung pendaftaran, tiap tahunnya siswa yang mendaftar sangat banyak

“Siswa yang mendaftar biasanya lebih dari target, tapi karena sudah menjadi Badan Layanan Umum, jadi siswa yang diterima harus mendapat izin dari kepala SDM, kemudian tarif biasa masuk juga sudah ada dari kementrian keuangan, kita bisa menerima dengan biaya mandiri, (Biaya Sendiri),” tambah Sugiyono

Sejauh ini yang sudah mendaftar, lebih dari 200 orang dari target 600 orang, biasanya itu tercapai. Keunggulan sekolah di BP2IP Barombong menurut Sugiyono adalah, kalau praktek itu langsung di Laut, beda dengan sekolah-sekolah lainnya.

“Kalau ditempat lain tidak seperti di BP2IP Barombong, dimana prakteknya langsung dilalukan di laut. Kalau ditempat lain tidak seperti itu. Saya sudah pernah di Tangerang, dan di tempat lainnya. kalau praktek itu mereka nyeburnya di kolam, sedangkan di Barombong mereka nyebur langsung di Laut, itu yang unik dari BP2IP Barombong,” pujinya.

Alasan dibukanya tiga program baru ini, kata Sugiyono, karena pemerintah menghendaki dikembangkannya Politeknik.

“Pemerintah melalui Kemenristekdikti menghendaki diperbanyak Politeknik daripada Universitas, sehingga dimungkinkan BP2IP Barombong atau sekolah pelayaran, terutama sekolah Kedinasan yang ada dibawah kementrian Perhubungan memenuhi syarat untuk menjadi Politeknik,” jelasnya

“Ternyata memang betul, bahwa setelah divisitasi oleh pihak Kemenristekdikti bahwa mereka sudah tidak ragu lagi, karena semua yang dibutuhkan ada. Contohnya lahan, sekolah pelayaran kalau punya negara lahannya besar-besar, kemudian alat prakteknya juga lengkap, begitu juga sarana dan prasarananya memenuhi syarat, maka dari itu Kemenristekdikti tidak ragu-ragu lagi memberikan ijin untuk membuka politeknik,” pungkasnya

Untuk diketahui, penutupan pendaftaran akan dilakukan pertengahan bulan April 2019, jadi kalau ada anaknya yang mau sekolah di BP2IP Barombong silahkan mendaftar dari sekarang sebelum pendaftaran ditutup.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed