oleh

Tak Hanya Kebakaran, Damkar Makassar Sigap Siaga Bencana Alam

Makassar, Mercuriustopfm – Menjadi petugas pemadam kebakaran munkin bagi sebagian orang hanya berurusan dengan pemadam api apabila terjadi kebakaran. Namun jangan salah bagi petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar.

Petugas Damkar Makassar dituntut profesional dan disiplin selama bertugas, bahkan mereka sigap dan siaga bila terjadi bencana alam. Hal ini membuat kinerja Damkar Makassar mendapat acungan jempol.

Sejumlah petugas Damkar Makassar bahkan terlihat langsung berada dilokasi bencana, seperti banjir dan lonsor, hebatnya, Damkar Makassar terjun langsung menjalani misi kemanusian saat tsunami dan gempa bumi di Palu beberapa waktu lalu.

Hal ini dibenarkan, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Andi Muhammad Yasir. Menurutnya kerja profesional dan disiplin yang diterapkan saat ini membuat petugas Damkar Makassar respon cepat dalam setiap masalah kebencanaan, beberapa permasalahan bahkan dapat diselsaikan dalam waktu secepatnya.

“Kita ada petugas damkar yang khusus juga, jadi bukan hanya kebakaran, tapi bencana alam juga kami hadir. Bahkan di Palu kemarin kita turunkan Damkar Makassar langsung berhari-hari tugas kemanusian dan luar biasa, mendapat respon bagus dari semua pihak,” kata Andi Yasir, Rabu (20/2/2019).

Yasir sapaan akrabnya menyebut respon cepat dan kerja disiplin anggotanya membuatnya banga menjadi bagian dari keluarga besar Dinas Pemadam Kota Makassar. Bahkan selama 3 bulan menjabat, Yasir telah banyak menyelesaikan permasalan kebencanaan khususnya penanganan banjir di Kota Makassar.

“Alhamdullilah petugas kami tanpa lelah selalu ada dilokasi bencana. Kerja ikhlas dan disiplin bisa menjadi kunci keberhasilan setiap permasalahan dan penanganan bencana saat ini,” jelasnya.

Yasir yang juga mantan Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar ini menyebut Damkar Makassar juga sigap dan respon cepat dalam penenganan permasalahan masyarakat, baik penanganan saran tawon, hewan buas atau berbisa, hingga penanganan kucing yang terjebak juga membuat Damkar Makassar memberi penanganan.

“Kemarin ada kucing terjebak di Fly Over, itu petugas kami kesana selamatkan, ada juga saran tawon, ada ular juga kami turun. Jangan sangka damkar hanya penanganan kebakaran, tapi sampai urusan kecil yanh dianggap biasa tapi bahaya juga damkar hadir demi masyarakat Makassar,” paparnta Yasir.

Tercatat saat ini, ada sekitar 475 petugas Damkar Makassar, dibawa kendali Andi Muhammad Yasir. Petugas Damkar sendiri diharapkan bisa menjadi ujung tombak Pemerintah Kota Makassar dalam penanganan kebencaan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed