oleh

Dosen Unibos Bantu Pengrajin Sepu di Tator

Tana Toraja, Mercuriustopfm – Pengabdian dosen Universitas Bosowa (Unibos) kini tidak hanya bergerak dalam lingkup wilayah Makassar dan sekitarnya. Beberapa pengabdian tersebut juga dikerahkan untuk masyarakat di Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja.

Pengabdian yang dilaksanakan di wilayah tersebut merupakan pendampingan bagi para pengrajin sepu’, yaitu tas sederhana berbahan kain yang digunakan suku Toraja untuk pesta adat, Selasa (26/02/2019).

Jenis kerajinan ini menurut warga setempat, selain merupakan alat yang digunakan dalam berlangsungnya acara adat, kerajinan ini juga semakin semarak menyebar dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas sebagai kerajinan khas Tana Toraja.

Namun masih memerlukan pendampingan untuk mengolah kerajinan tersebut agar memiliki kualitas yang lebih baik dan terarah dari segi pemasarannya. Hal tersebut yang mendasari dosen Unibos, St. Haliah Batau, M.Pd dan Dr. Ramli, M.Pd untuk melakukan pendampingan kepada para Pengrajin Sepu’.

Dalam pendampingan ini, dosen Unibos memberikan penyuluhan, pelatihan dan mengajak masyarakat mendesain model terkini untuk meningkatkan produksi Sepu’.

“Kami memberikan beberapa contoh inovatif untuk modelnya tanpa menghilangkan motif khas Tana Toraja”, kata St. Haliah Batau, M.Pd.

“Kami juga ingin menjadikan usaha ini semakin besar agar terbuka lapangan kerja bagi para ibu rumah tangga yang berminat dan memiliki kemampuan dalam bidang kerajinan ini”, tambahnya.

Ketua Kelompok Pengrajin Sepu’ Tana Toraja, Nurmarni Asia menuturkan “kami memang membutuhkan bantuan akademisi untuk membantu memberikan pengetahuan agar kami paham persaingan kerjainan yang serupa seperti apa,”ujarnya

Supaya kami bisa menciptakan perbedaan-perbedaan dari produk lainnya. Kami juga ingin mengetahui pemasaran yang kira-kira bisa membantu penghasilan kami tidak hanya dalam wilayah kami saja, tetapi di wilayah potensi lainnya”, sambungnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed