oleh

Azikin Sholtan, Bulan Agustus dan Gallarang

MERCURIUSTOPFM.com – Hari ini, Selasa, 7 Agustus 2018 adalah hari ulang tahun Azikin Sholtan yang ke-65. Lahir di Bantaeng, 7 Agustus 1956. Hingga tahun ini pula, lebih empat tahun sudah ia menjalani tugasnya sebagai wakil rakyat.

Azikin Solthan terpilih menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Gerindra mewakili Dapil Sulawesi Selatan I, dengan perolehan suara pribadi sebanyak 57 ribu lebih. Eks bupati Bantaeng dua periode ini (1998 – 2008) adalah birokrat handal. Sambil menunaikan tugas legislasi, pengawasan dan anggaran di Senayan dirinya juga dipercaya menjadi staf ahli Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, dari 2003 sampai sekarang.

Di DPR-RI Azikin Sholtan bertugas di Komisi II yang membidangi Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokrasi,  Kepemiluan, Pertahanan dan Reforma Agraria. Ini lah juga  yang membawa dirinya ke kota Hanoi, Vietnam awal 2018 silam.

Di sana, bersama sejumlah koleganya di DPR dan DPD, doktor Administrasi Negara Univeritas Negeri Makassar ini ikut unjuk pikiran dalam Forum Parlemen Asia Pasifik (APPF). Ini, adalah forum komunikasi dan dialog tahunan yang membahas berbagai isu internasional mutakhir terutama terkait isu kawasan, seperti isu politik dan keamanan, ekonomi dan perdagangan, serta kerja sama regional Asia Pasifik. Sekurangnya, 24 negara di kawasan Asia Pasifik hadir.

Tak terasa, tersisa sekitar sembilan bulan lagi masa tugas Azikin Sholtan sebagai wakil rakyat Sulsel (Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Selayar) bakal berakhir. Bagi Ketua Assosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) 2005-2008 ini, Agustus adalah bulan istimewa. Istimewa, selain bulan kelahirannya Agustus juga menjadi momen yang tak terlupakan. Tepatnya, 23 Agustus 2017 silam Azikin memainkan peran krusial dalam meningkatkan kualitas pemilu.

Di sebuah Rapat Dengar Pendapat dengan KPU, Bawaslu dan Kemendagri dia menekankan pentingnya sebuah pengawasan dalam pemilu. Di RDP ini, Azikin bersama rekan dari Komisi II DPR RI membahas soal Pemutakhiran Data, Tahapan, Transparasi, Dana Kampanye, Dualisme Paslon, Penetapan Pengurus Parpol, Implementasi dan Verifikasi Faktual.

“Perlu pembekalan terhadap kinerja pengawas, sudah harus diatur mulai dari sistem dan diawasi,” katanya kepada MERCURIUSTOPFM.com, di Makassar, Selasa (7/8/2018).

Istimewa berikutnya, bagi ayah Ilham Azikin, bupati terpilih Bantaeng periode 2018 – 2023 ini, tentu saja karena Agustus adalah bulan kemerdekaan Republik Indonesia.

Yang teristimewa, Agustus 1975, atau 43 tahun lampau, Azikin muda mengenang saat-saat ia menjalani ‘karier’ sebagai seniman Makassar di Dewan Kesenian Makassar dan bermain dalam sebuah lakon drama Maipa Deapati dan Datu Museng. Dirinya memerankan tokoh Gallarang.

Begitulah, selamat ulang tahun, Pak Azikin…. [#]

Reporter: Doni Dinar

Editor: Hari Triadi

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed