oleh

GPN Resmi Diluncurkan, Danny Himbau Semua Jajarannya Lakukan Pergantian ATM

Makassar, Mercuriustopfm — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menghadiri launching dan kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dilaksanakan serentak oleh Bank Indonesia (BI) di 17 titik di Indonesia. Salah satunya di Kota Makassar.

Peluncuran GPN hari ini merupakan tindak lanjut dari “Soft Launching Logo GPN” pada tanggal 4 Desember 2017 dan “Peluncuran Bersama Kartu .Berlogo GPN” pada tanggal 3 Mei 2018.

GPN dapat memulai implementasi secara penuh dan digunakan secara luas oleh masyarakat berkat kerja
sama yang harmonis dan sinergi yang telah dibangun Bank Indonesia dengan industri sistem pembayaran, serta dukungan dari Pemerintah Pusat
maupun Pemerintah Daerah.

Untuk itu, Danny berkomitmen untuk segera menghimbau semua jajarannya mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga kontrak, RT/RW, Penasehat Wali Kota dan LPM agar segera mengganti kartu ATM lamanya menjadi baru dengan berlogokan GPN.

“Kita semua tentu menyadari, bahwa setiap aktivitas ekonomi kita sehari-hari tidak terlepas dari transaksi menggunakan alat pembayaran, baik tunai maupun non tunai.

Jadi besok itu, 18 ribu pegawai di Pemkot Makassar termasuk 10 ribu tenaga kontrak dan perawat akan melakukan pergantian ATMnya,” ucap Danny, Minggu (6/8/18) di Anjungan Pantai Losari.

Sementara, Kepala Perwakilan BI Sulsel, Bambang menambahkan diluncurkannya GPN merupakan suatu terobosan dalam Sistem Pembayaran Indonesia dengan menghilangkan fragmentasi melalui interkoneksi dan interoperabilitas antar Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

“Seiring dengan penggunaan GPN
yang semakin luas, efisiensi yang ditimbulkan bagi perekonomian nasional tentunya akan semakin besar,” ujarnya.

Adapun dampak positif yang diharapkan dari implementasi GPN antara lain mendorong sharing infrastructure, sehingga utilisasi terminal ATM/EDC dapat meningkat dan yang berlebih dapat direlokasi ke daerah yang kekurangan.

Tak hanya itu, GPN juga dapat mengurangi kompleksitas koneksi dari sebelumnya bilateral antar pihak, menjadi ter-sentralisasi kepada GPN.

Masyarakat dapat bertransaksi dari bank
manapun, dengan menggunakan instrumen dan kanal pembayaran apapun.

Efisiensi nasional akan tercipta dari skema harga yang lebih kompetitif. Melalui GPN, akan terdapat penurunan Merchant Discount Rate (MDR) dari semula 1,6-2,6% menjadi 0-1%, yang akan menghemat biaya mencapai Rp17 miliar per hari.

“Selain itu, GPN juga dihadirkan sebagai backbonestrategis untuk memberikan dukungan penuh kepada program-program pemerintah. Termasuk
diantaranya penyaluran bantuan sosial non tunai,” jelasnya.

Rencananya, hari kedua pekan kampanye GPN akan dilaksanakan di Area Kantor Balaikota Makassar, kemudian hari berikutnya sampai dengan 10 Agustus 2018 penukaran kartu dapat dilakukan di kantor cabang masing-masing Bank.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed