oleh

Berebut Kursi di Dapil “Neraka” Kian Seru, Dari Isteri Walikota Hingga Anak Eks Gubernur Ikut Adu Untung ke Senayan

RADIO MERCURIUS.com|Pendaftaran bakal-calon legislatif 2019 sisa menghitung jam. Tahapan Pemilihan Umum Legislatif 2019  yang sudah dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum, salah-satunya menjadwalkan pendaftaran nama-nama bacaleg oleh partai politik akan berakhir malam ini, Selasa 17 Juli 2018, jam 23.59.

Selanjutnya, beberapa hari ke depan daftar nama-nama bacaleg itu akan disusun dalam Daftar Calon Sementara atau DCS di setiap tingkatan, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan 1 DPR RI, siapa saja kah mereka?

Sejauh ini, sejumlah nama-nama tenar di Sulsel sudah beredar dan disebut-sebut bakal ikut bertarung, “adu untung” memperebutkan delapan kursi  DPR RI di Dapil Sulsel 1.

Merujuk Pileg 2014 silam, enam nama-nama populer Dapil Sulsel 1 yang berhasil melenggang ke Senayan: Aliyah Mustika Ilham (Demokrat), Azikin Soltan (Gerindra), Indira Chunda Tita Syahrul (PAN), Dewie Yasin Limpo (Hanura), Amir Uskara (PPP) dan Ridwan Wittiri (PDIP). Hingga berita ini ditulis, belum diperoleh daftar bacaleg yang memuat nama-nama mereka dan asal parpol yang menyatakan mereka kembali maccaleg di Pileg 2019 mendatang.

Satu nama, yakni Indira Chunda Tita beberapa kali disebut oleh media pemberitaan akan kembali mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI Dapil Sulsel 1. Kali ini, putri eks Gubernur Sulsel Syahrul YL maju melalui Partai Nasdem.

Kini, perebutan kursi DPR RI Dapil Sulsel 1, agaknya bakal tambah seru. Jika para incumbent (kecuali Dewie YL) namanya kembali masuk dalam daftar bacaleg maka arena pertarungan dapil ini akan diisi sederetan nama-nama yang sedang populer di Makassar.

Selain Indira Chunda Tita, ada juga Indira Yusuf Ismail (isteri Walikota Makassar Ramdhan Pomanto), Tenri Olle Yasin Limpo (kakak eks Gubernur Sulsel, Syahrul YL), Ashabul Kahfi (Wakil Ketua DPRD Sulsel-Fraksi PAN), dan Andri Arief Bulu (eks Anggota DPRD Sulsel). Ada pula nama yang tergolong ‘pendatang baru’, yakni Idris Manggabarani (pengusaha) dan Syamsul Rizal MI (eks Wakil Walikota Makassar).

Berdebar-debar juga, rasanya menunggu rilis DCS secara resmi oleh KPU Pusat, siapa saja yang bakal ikut bertarung sekalian adu untung di dapil yang disebut-sebut sebagai “Dapil Neraka” ini. [#]

Reporter: Rio Anthony || Editor: Iwan R Rachman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed