oleh

Yayasan Jantung Indonesia Aktif Kampanyekan Kesadaran Terhadap Hipertensi

Makassar, Mercuriustopfm — Yayasan Jantung Indonesia (YJI) turut aktif dalam mengkampanyekan kesadaran terhadap hipertensi di semua Iapisan masyarakat. Seperti di bulan ini, Yayasan Jantung Indonesia melalui Cabang Utama nya di beberapa daerah di lndonesiaJuga melaksanakan rangkaian kegiatan yang merupakan peringatan Hari Hipertensi Sedunia (HHS)/World Hypertension Day (WHD).

Kegiatan yang dilakukan mengajak masyarakat setempat untuk berpartisipasi bersama dalam kegiatan yang membangun kesadaran dan pencegahan dengan berolahraga serta kesempatan pemeriksaan kesehatan gratis untuk tekanan darah dan gula darah dan kegiatan Iainnya yang berguna bagi masyarakat.

Hari Hipertensi Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Mei dan pertama kali digaungkan pada tahun 2005. Tema Hari Hipertensi Sedunia 2018 adalah #KnowYourNumbers atau bisa juga diartikan ‘Ketahui Tekanan Darahmu’.

Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia Pusat, Ibu Syahlina Zuhal

Namun seyogyanya hal ini tidak hanya untuk diperingati namun bertujuan untuk setiap waktu selalu meningkatkan kesadaran dan menambah pengetahuan setiap orang di semua Iapisan masyarakat di seluruh dunia juga di Indonesia terhadap hipertensi atau yang Iebih dikenal dengan tekanan darah tinggi.

Salah satunya dengan melakukan pengukuran tekanan darahnya secara berkala. Peningkatan kesadaran untuk cek tekanan darah dirasa panting untuk mencegah dan mengendalikan ’the silent killer” ini, karena tidak semua penderita hipertensi mengenalali gejalanya.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab penyakit kardiovaskular. Jika tidak terkontrol, hipertensi dapat menyebabkan terjadinya komplikasi, seperti penyakit jantung koroner, gagal ginjal, gagal jantung yang dapat mengakibatkan kematian mendadak, serta penyakit vaskular perifer, dan kerusakan pembuluh darah retina yang mengakibatkan gangguan penglihatan.

Data World Health Organization

Menurut data World Health Organization(WHO) tahun 2011 menunjukkan bahwa satu milyar orang di dunia menderita Hipertensi. Dua pertiga di antaranya berada di negara berkembang yang berpenghasilan rendah sampai sedang. Prevalensi Hipertensi akan terus meningkat tajam, dan diprediksi pada tahun 2025 sebanyak 29% orang dewasa di seluruh dunia terkena Hipertensi.

Dokter spesialis penyakit Jantung dr. Andi Alief Armyn, M.Kes, SpJP

Sementara menurut data Kementerian Kesehatan RI, hipertensi telah mengakibatkan kematian sekitar 8 juta orang setiap tahun, di mana 1,5 juta kematian terjadi di Asia Tenggara. Hipertensi yang tidak mendapat penanganan yang baik, akan menyebabkan komplikasi seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner, Diabetes, Gagal Ginjal dan Gangguan penglihatan

Peringatan Hari Hipertensi Sedunia oleh Yayasan Jantung Indonesia

Itulah mengapa YJI aktif mengkampanyekan kesadaran terhadap hipertensi, karena sangat berkaitan erat dengan penyakit jantung.

Masih dalam rangka Hari Hipertensi Sedunia, pada bulan Juli 2018 ini, YJI mengadakan kegiatan kampanye bertajuk ’Kenali Tekanan Darah Anda’ di 3 Cabang Utama YJI, yakni tanggal 15 Juli 2018 di Cabang Utama Sulawesi Selatan di Makassar, tanggal 22 Juli 2018 di Cabang Utama Sumatera Utara di Medan dan tanggal 28 Juli 2018 di Cabang Malang Raya.

Aktivitasnya antara lain, pemeriksaan kesehatan gratis (tekanan darah dan gula darah), senam bersama Klub Jantung Sehat (KJS), Senam Hip Heart, bazaar, dan kegiatan informatif serta interaktif lainnya untuk masyarakat setempat dan sekitarnya.

Mengukur tekanan darah adalah salah satu bentuk deteksi dini yang sederhana dan bisa dilakukan sesering mungkin, bahkan di rumah bila tersedia alatnya. Disarankan minimal satu bulan sekali seseorang memeriksakan dirinya untuk hipertensi, baik dilakukan di fasilitas kesehatan primer atau pribadi. ”Awasi tekanan darah. Cintai jantungmu,” tutur Kepala Humas YJI, Sita Satar.

Sebenarnya upaya pencegahan dan pengendalian faktor risiko hipertensi dapat dilakukan antara lain melalui perubahan perilaku dengan gaya hidup CERDIK, yaitu: cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktifitas fisik, Diet yang sehat dan seimbang, lstirahat yang cukup, dan Kelola stres.

CERDIK ini selaras dengan akronim SEHAT dari ”Panca Usaha Jantung Sehat” yang selalu disuarakan oleh YJI, yaitu:
Seimbangkan gizi, Enyahkan rokok, Hadapi dan kelola stress, Awasi tekanan darah dan teratur berolah raga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed