oleh

Mudik Jalan Macet, Buka Jendela atau Terus Nyalakan AC?

RADIOMERCURIUS.com|Siap-siap mau mudik? Banyak jalur mudik yang sudah mendapat perbaikan oleh pemerintah saat ini, termasuk membangun jalan tol. Perjalanan mudik pun jadi kian menyenangkan.

Tapi, tunggu dulu. Jalan mulus nan lebar tidak otomatis membuat perjalanan mudik kita ikut mulus. Jumlah kendaraan bermotor yang kian meningkat seringkali malah membuat jalan lebar dan mulus itu jadi macet. Kalau sudah begitu, perjalanan mudik kita pun bisa berubah jadi ‘malapetaka’. Stress dan menjengahkan.

Anda yang mudik dengan mobil pribadi, saat kondisi jalanan padat-merayap apa yang sebaiknya dilakukan, tetap menyalakan AC atau mematikannya lalu membuka jendela?

Nila F Moeloek, Menteri Kesehatan menyebutkan itu bukan masalah berarti, yang penting kita beristirahat setiap dua jam, lebih baik jika memilih ‘rest area’.

“Yang penting istirahat tiap dua jam ya. Karena AC juga penguapannya tinggi kan, nah bikin mata juga kering. Jadi gunakan tetes mata untuk menghindarinya,” kata Nila, dilansir detikhealt, di Jakarta (8/6/18).

“Setidaknya beristirahat selama sepuluh menit dalam dua jam. Jika ada masalah segera manfaatkan pos kesehatan terdekat,” tambah Dirjen Pelayanan Kesehatan, Bambang Widodo di kesempatan sama.

Sistem pendingin kendaraan sekarang, lanjut Bambang Widodo, itu sudah bagus. Menggunakan AC dalam waktu  relatif lama, katanya, tak punya dampak signifikan terhadap kesehatan.

Sementara, jika terjebak macet, dr Agus Dwi Susanto SpP(K) dari Departemen Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyarankan untuk membuka jendela mobil tiap 1 jam selama 5 hingga 10 menit agar CO2 keluar dari kabin mobil dan tidak menutup jendela pada mobil yang tidak ber-AC.

Jadi, membuka jendela, tetap menyalakan AC dan menyempatkan diri beristirahat dalam perjalanan rupanya dapat dikombinasi agar perjalanan mudik Anda, lancar, aman dan nyaman. Eit, jangan mengebut juga, ya.

Selamat mudik dan selamat lebaran.[#]

Penulis/Editor: Hari Triadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed