Puasa, Walau Sesekali Ternyata Bikin Awet Muda

0
20

RADIOMERCURIUS.com|Jangankan sebulan, puasa sesekali pun rupanya dapat bikin awet muda. Sebuah studi di Harvard University menemukan bahwa puasa sesekali bisa membuat tubuh ‘awet muda’ pada tingkat sel (khususnya di mitokondria). Bagian tersebut akan tercegah dari homeostasis yang berkaitan dengan penuaan kesehatan. Puasa pada gilirannya membantu memperbaiki penuaan.

Diet puasa di Barat mulai menjadi tren akhir-akhir ini karena selebriti seperti Benedict Cumberbatch dan Beyonce. Mereka mempraktekkan diet puasa 5:2, yang dilakukan dengan makan normal selama lima hari dalam seminggu dan hanya dua di minggu berikutnya.

Perlu diketahui, sebuah organ sel dalam tubuh berfungsi memecah karbohidrat dan asam lemak, memberi energi pada sel. Untuk alasan ini, mereka sering disebut sebagai sumber energi sel kita.

Sebelumnya, penelitian lain dari Newcastle University, Inggris mengonfirmasi peran penting sel itu (mitokondria) dalam penuaan sel manusia. Sementara penelitian Harvard, dikutip laman Dailymail pada 2017, menemukan bahwa mitokondria yang tetap berada di homeostasis lebih baik saat organisme memiliki diet terbatas, seperti saat berpuasa sesekali atau disebut puasa intermiten.

Semoga setelah berpuasa selama sebulan penuh, rona awet muda bakal terpancar di wajah kita, ya? [#]

Penulis/Editor: Hari Triadi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here