oleh

Hasil Investigasi Keamanan Data Pribadi Pengguna Facebook Indonesia akan Dipublikasi

RADIOMERCURIUS.com|Tudingan penyalahgunaan data pribadi pengguna Facebook oleh ‘Cambridge Analytica’, ditindaklanjuti. Untuk memberikan penjelasan terkait ini, utusan Facebook mendatangi Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Jakarta, Senin, 7 Mei 2018. Mereka bertemu langsung dengan Menkominfo, Rudiantara.

“Penyalahgunaan data pribadi dan investigasinya, baru saja kami bicarakan. Demi melindungi data pribadi pengguna Indonesia, termasuk cara menggunakan Facebook dengan positif,” kata Head of Public Policy Facebook Asia Pasific, Simon Miller usai bertemu Menteri Rudiantara, seperti dilansir Kontan.co.id, hari ini.

Sampai saat ini, kata Simon Miller, pihaknya masih menunggu hasil investigasi mengenai Cambridge Analytica dari otoritas berwenang di Inggris. Setelah hasilnya keluar, dirinya mengaku akan secepat mungkin memberitahu masyarakat Indonesia, termasuk Kominfo dan Kepolisian RI.

Di kesempatan sama, Rudiantara menyebut Kominfo telah meminta Facebook melakukan investigasi terhadap kemungkinan penyalahgunaan data pengguna Facebook di Indonesia sejak 2014.

Kominfo, lanjut Rudiantara, belum memutuskan mencabut izin operasi Facebook di Indonesia. Ini, karena, kata Rudiantara, Kominfo hanya fokus pada sanksi administrasi, sedangkan sanksi kriminal ditangani pihak kepolisian.

“Data pribadi pengguna Facebook di Indonesia, dilindungi melalui Permenkominfo Tahun 2016 dan UU ITE,” katanya. [#]

Editor: Hari Triadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed