oleh

Hidup Sehat dan Panjang Umur itu Sesungguhnya Mudah Saja

RADIOMERCURIUS.com|Ajal memang rahasia Tuhan, tapi hidup sehat itu adalah pilihan. Begitu bunyi sebuah iklan di koran-koran. Dan, hidup sehat membuat kita boleh berumur lebih panjang.

Baiklah, cerita kita mulai dari Okinawa, sebuah prefektur (setingkat provinsi) di Jepang.

Okinawa, di kalangan wisatawan, dikenal juga sebagai “Land of Immortals” atau “Negeri Orang Berumur Panjang”. Menurut Tirto.id yang mengutip Washington Post, angka harapan hidup rata-rata warga Okinawa yang tertinggi di dunia. Pada 2015, sekitar 87 tahun untuk perempuan dan 80 tahun untuk laki-laki. Ada 400 warga yang berumur lebih dari 100 tahun tinggal di Okinawa.

Lantas, apa yang membuat mereka sehat-walafiat dan bisa hidup selama itu?

Resep panjang umur sebetulnya sederhana saja. Salah satunya melalui hidup sehat, yang juga sederhana. Cukup dengan bangun pagi, makan buah dan sayur dan bersyukur dalam doa. Meski tampak klasik namun tiga cara ini patut juga dijajal.

Bangun Pagi  

Manfaat bangun pagi telah diakui banyak orang. Banyak sekali artikel yang menulis betapa pentingnya bangun pagi bagi kita.

Mengutip situs life.idntimes.com, dengan bangun pagi kita dapat menghirup udara segar, peredaran darah jadi lancar, otak dapat berfungsi maksimal, daya ingat kian tajam, paru-paru lebih sehat, jantung makin kuat dan kekebalan tubuh juga meningkat. Tentu saja, jika bangun pagi kita itu disertai dengan olahraga kecil. Berlari di atas treadmill, misalnya. Jika tak punya alat itu di rumah jalanan di kompleks tempat tingal kita bisa dijadikan ‘treadmill darurat’, dengan cara jogging atau jalan pagi.

Pokoknya, banyak sekali faedah bangun pagi. Asal jangan, bangun dan lima menit kemudian tidur lagi.

Bangun pagi bagi kita secara psikis, rohaniah dan sosial (biasa disebut ‘spiritual’) rupanya juga amat bermanfaat. Dengan bangun lebih pagi, seseorang punya lebih banyak waktu mempersiapkan diri menghadapi hari. Tersedia cukup waktu buat mengobrol dan bercengkrama dengan orang-orang tersayang di rumah. Pun, di jalan, kita tak perlu terburu-buru dan cemas karena macet.

Keseharian kita juga akan berlangsung lebih tenang, teduh dan adem. Hal yang menjadikan relasi kita dengan seorang lainnya dapat berjalan dengan baik.

Pendek kata, suasana pagi akan memberi stimulan yang menyenangkan dan menenangkan perasaan.

Itu lah mengapa, musisi seringkali memasukkan kata ‘pagi’ dalam lirik lagunya. Cat Steven (Yusuf Islam)-“Morning Has Broken”, Scorpions-“Enterance”, Daniel Sahuleka-“You Make My World So Colourful”, The Rolling Stones-“Wake Up in the Morning”, Sugar Ray-“Every Morning”, dan Al Jarreau-“Morning”, misalnya. Meski tak berkait langsung dengan manfaat bangun pagi namun mereka meyakini menikmati pagi ialah sesuatu yang menyenangkan. Penyanyi Tika Bisono juga menyatakan itu dalam lagu berjudul “Pagi”.

Buah dan Sayuran

Anjuran mengonsumsi buah dan sayuran tak hanya dari dokter. Kawan-kawan yang tak ahli dalam kesehatan sekalipun sering mengucapkannya. Tentu saja, kawan itu benar adanya. Mereka pasti pernah mendengar ‘makan buah dan sayur itu baik’ diucapkan oleh dokter saat memeriksakan kesehatan.

Laman hellosehat.com dalam artikel berjudul ‘Kenapa Kita Harus Makan Buah dan Sayur Setiap Hari?’ menyebutkan, buah dan sayuran mengandung vitamin, mineral dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Andai saja kita senantiasa mengingat bahwa vitamin C, A dan E, kalsium, magnesium, seng, dlsb. terdapat dalam banyak jenis buah dan sayuran, barangkali itu akan jadi makanan favorit kita.

Buah pisang, misalnya. Buah yang asalnya dari benua Amerika ini mengandung kalsium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan resiko akan kehilangan massa tulang (osteoporosis) dan mencegah batu ginjal.

Serat dalam sayur dan buah, masih dari artikel yang sama, rupanya lebih hebat lagi. Sakit jantung, diabetes, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan dapat dicegah oleh serat. Karena serat membantu kita menurunkan kolesterol jahat, mengontrol kadar gula darah dan melancarkan sistem pencernaan. Serat yang juga mengenyangkan ini, membantu hobi makan berlebihan dapat direm-rem.

Rasanya, tak perlu banyak cerita untuk mengingatkan tentang faedah buah dan sayur serta pola makan. “You are what you eat”, ujar seorang filsuf.

Syukur dan Doa

Peran syukur dan doa hendaknya tidak “diremehkan”. Percayalah, khasiat syukur dan doa akan tampak nyata, terang-benderang. Mengutip http://spritualresearchfoundation.org, syukur dan doa membuat kita mampu mengelola stres dengan baik, menurunkan beban pikiran yang mungkin terasa lebih berat, dan perasaan lebih nyaman meski ‘serangan hidup’ datang dari segala penjuru.

Betul, hidup di kota besar tak semudah hidup di desa-desa. Di kota-kota besar, orang terus berhadapan dengan banyak persoalan. Hal-hal yang tampak remeh seperti macet, polusi bunyi dan udara, perilaku berkendara orang-orang di jalan sangat berpotensi memicu stres.

Problema kota besar di ‘zaman now’ seringkali membuat hal yang merugikan dan berbahaya tak tampak melalui mata telanjang. Banyak jenis makanan dan bahan makanan tercemar zat kimia atau pestisida. Tahu atau tak tahu, kita jadi sering memakannya. Akibatnya, adagium ‘sehat itu mahal’ seolah sebuah keniscayaan.

Pertanyaan apakah Anda ingin hidup ‘1000 tahun lagi’ seperti yang terdapat dalam puisi Chairil Anwar, atau cukup memasrahkan diri terhadap kenyataan, itu adalah sebuah pilihan. Atau kah, kita ingin ‘mengutuk’ orang-orang yang panjang usia seperti dalam lagu grup rock The Who, ‘I Hope I Die Before I Get Old’ (album Imagination, 1965)?

Tak mudah menjadi sosok centenarian (orang yang berumur panjang di atas rata-rata) seperti di Okinawa, Jepang. Ajal atau kematian memang di tangan Tuhan, tapi ilmu pengetahuan membuka jalan untuk hidup sehat dan lebih panjang.

Menutup tulisan, ini ada sebuah curahan hati, boleh disebut puisi. Diadopsi dari sebuah program Radio Mercurius FM Makassar bernama ‘Sekapur Sirih’ oleh Nuim Khayyat, seorang penyiar radio di Australia.

Sehat itu sebetulnya mudah|Tidur lebih dini bangun lebih cepat|Rutin berjalan pagi|Makan buah dan makanan mengandung protein hayati|Kerja giat lalu syukuri nikmat Tuhan|Hadapi segalanya dengan senyuman|Dokter terbaik ada di diri kita|Mulut, mata, telinga, tangan dan kaki|Tetap lah jaga mereka dari segala rasa dengki| [#]

Iwan R Rachman

Bahan bacaan:

https://tirto.id/ikigai-resep-panjang-umur-warga-okinawa-cHoT?utm_source=PushNotif&utm_campaign=1113&utm_medium=Notification

https://life.idntimes.com/inspiration/francisca-christy/bedanya-kesuksesan-orang-yang-bangun-jam-5-daripada-jam-8-pagi/full

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makan-sayur-dan-buah-setiap-hari/

https://www.spiritualresearchfoundation.org/indonesian/latihan-spiritual/berdoa/manfaat-selalu-bersyukur/

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed