Pangdam: Tidak Ada Anggota yang Salah

0
18
Panglima Daerah Militer XIV Hasanuddin, Mayjen [TNI] Agus Surya Bakti membuka Apel Komandan Satuan di Pakkatto, Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu 11 April 2018. Menyamakan persepsi komandan. Foto: Dok. Mercurius-

RADIOMERCURIUS.com|”Tidak ada anggota yang salah, yang salah adalah Komandan”, demikian kata Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti, saat membuka Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD Tersebar Kodam Hasanuddin TA 2018, di lapangan tembak Pistol Rindam XIV/Hasanuddin, Jalan Malino Pakkatto, Rabu, (11/4/2018).

Pangdam Agus Surya Bakti dalam sambutannya menyampaikan, Dansat itu adalah pimpinan. Seorang pemimpin, katanya, harus menyadari ada kode etik perwira yang mengatur norma-norma seorang perwira di dalamnya. Seorang komandan, katanya lagi, harus punya ilmu kepemimpinan dan itulah seni.

“[Komandan] harus berbaur dengan anak buahnya. Musuh kita sekarang adalah narkoba, radikalisme. Zaman dulu [prajurit] hanya berhadapan penjajah langsung” imbuh Jenderal Agus.

Tema apel para komandan satuan di jajaran TNI AD KODAM XIV Hasanuddin tahun ini adalah “Bersama Rakyat, TNI AD Kuat, Hebat, Profesional, Dicintai Rakyat dan Siap Melaksanakan Tugas Pokok”.

Apel ini juga sekaligus mengevaluasi pembinaan satuan, mengombinasikan kegiatan fisik dan non-fisik seperti menembak, navigasi darat, teknik dan taktik bertempur serta diskusi merumuskan pembinaan satuan, demi menyamakan persepsi para komandan satuan dalam menyusun program kerja.

“Apel Dansat tidak sekadar kegiatan rutin, tapi juga jadi forum teritorial,” tegasnya di hadapan 113 komandan satuan.

Apel Dansat berlangsung 11-12 April 2018, diikuti unsur komandan ynag terdiri dari  Komandan Detasemen (Danden), Komandan Kompi (Danki), beberapa Perwira Staf dan Komandan Peleton (Danton) jajaran Kodam Hasanuddin. [#]

Reporter: Rio Antoni||Editor: Hari Triadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here