“Coffee Morning” Humas Pemkot Makassar: UNBK Siap Digelar

0
48
“Coffee Morning” HUMAS Pemkot Makassar, dilaksanakan di Cafe Kopi Alps, Makassar, Senin, 10 April 2018. Narasumber Dr H Mukhtar Tahir, M.Pd., Plt. Kadisdik Kota Makassar dan H Munir, S.Ag., Kepsek SMP Negeri 6 Makassar. Moderator Andi Mangara, Radio Mercurius Makassar. [foto: rio]

RADIOMERCURIUS.com|Pemerintah Kota Makassar melalui Bagian Hubungan Masyarakat kembali menggelar seri diskusi dalam acara “Coffee Morning” HUMAS Pemkot Makassar, di Makassar, Senin, 10 April 2018.

Diskusi kali ini memilih topik Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat Sekolah Menengah Pertama se-Kota Makassar, dilaksanakan di  cafe KOPIAlps, Jalan Ratulangi, Makassar.

Diskusi yang menjadi bagian dari program reguler Humas Pemkot Makassar ini menampilkan Dr H Mukhtar Tahir, M.Pd., pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar dan H Munir, S.Ag, Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Makassar, sebagai narasumber. Moderator, Andi Mangara dari Radio Mercurius 104.3 FM Makassar.

Kedua narasumber memaparkan persiapan seluruh sekolah tingkat SMP dan sederajat, di Makassar menyelenggarakan UNBK Tahun Ajaran 2017/18.

H Mukhtar Tahir, yang mendapat kesempatan pertama berbicara menegaskan pelaksanaan UNBK 2018 ini siap digelar, secara teknis dan non-teknis. Dinas Pendidikan Kota Makassar memastikan ujian akan berjalan lancar. Disdik Makassar, kata H Mukhtar, telah melakukan evaluasi berkala persiapan ujian dengan mengunjungi setiap sekolah secara bergantian.

“Rapat koordinasi Disdik Makassar dengan para kepala sekolah juga terus dilaksanakan demi memastikan ujian berlangsung aman. Saya kira yang paling penting, siswa peserta ujian siap secara mental,” katanya.

Karena fasilitas terbatas, sekolah-sekolah yang berada di sejumlah pulau-pulau kecil wilayah Makassar, menurut H Mukhtar, pelaksanaan ujiannya dialihkan ke sejumlah sekolah yang ada di pusat kota Makassar. Semua fasilitas seperti komputer dan jaringan internet, disediakan oleh Dinas Pendidikan Makassar.

Sementara H Munir menjelaskan, SMP Negeri 6 Makassar sejauh ini telah melakukan berbagai simulasi penggunaan komputer personal dan laptop yang terhubung dengan internet, sejak Januari 2018.

Simulasi yang melibatkan semua siswa kelas 9 ini, akan dilanjutkan dengan kegiatan berupa gladi-bersih, di bulan April, beberapa pekan menjelang pelaksanaan ujian akhir. Peserta, katanya, akan didampingi instruktur yang sekaligus mengawasi jalannya pelaksanaan ujian.

UNBK akan berlangsung 23 sampai 26 April 2018 secara serempak di seluruh Indonesia. Empat mata pelajaran yang diujikan, yakni Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Makassar sendiri, akan diikuti oleh 20 ribu lebih peserta dari 253 sekolah, negeri dan swasta, termasuk madrasah Tsanawiyah.

A Reza Anugerah, Kasubag Pemberitaan Humas Pemkot Makassar mengatakan acara seri diskusi ini digelar dua kali dalam sepekan dengan beragam topik yang menarik perhatian banyak warga kota Makassar.

“Beberapa topik diskusi seringkali diusulkan oleh teman-teman wartawan,” jelas A Reza kepada RADIOMERCURIUS.com, sebelum diskusi dimulai pagi tadi.

Peserta diskusi adalah para jurnalis dari berbagai media pemberitaan di Makassar serta beberapa pegawai dari Humas Pemkot Makassar. [#]

Reporter: Rio Antoni||Editor: Hari Triadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here