UIT Ambil Sumpah 156 Profesi Ners

0
22

MERCURIUS TOP FM, Makassar — Fakultas Ilmu Keperawatan (Fika) Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar menggelar Angkat Sumpah Profesi Ners tahun akademik 2017 bertempat di Aula Utama Kampus 5 lantai 6 UIT Makassar, Kamis, 7 November 2017.

Ketua Yayasan Indonesia Timur, yang menaungi UIT, H. Haruna MA. SE, MBA,, usai profesi Angkat Sumpah Program Profesi Ners, menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang telah diwisuda serta resmi meraih gelar perawat (Ners). “Saya telah menyiapkan Rumah Sakit Wisata 1-2, bahkan bertaraf internasional, juga 10 klinik kesehatan, untuk para alumni keperawatan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, H. Haruna, juga berpesan agar lulusan UIT mampu menjaga nama baik almamater, mampu bersaing, menunjukkan prestasi. Menurutnya, alumni UIT juga memiliki peran penting terhadap kemajuan citra kampus, di masyarakat. “Jangan biarkan berita hoax tentang UIT, lebih terdengar ketimbang berita positif,” ujarnya. Sembari menambahkan ada indikasi orang di luar UIT ‘iri hati’ sehingga yang mereka kembangkan hanya hal-hal yang hoax tentang UIT. Sebagai satu-satunya unsure ketua di APTISI pusat, H. Haruna, menguraikan bahwa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) justru harus bangga dan mendukungnya.

Rektor Universitas UIT Makassar, diwakili Wakil Rektor (WR) 1 Bidang Akademik, Dr. Jangga, S.Si, M.Kes, Apt. mengatakan, wisudawan profesi Ners ini sebagai jenjang profesi lanjutan setelah mahasiswa menyelesaikan tugas belajarnya selama 1 (satu) tahun dan hampir 95 persen praktek lapangan di RS yang disediakan yayasan. “Setelah resmi meraih gelar perawat (Ners), 156 lulusan UIT Makassar yang telah angkat sumpah profesi Ners tidak diragukan kompetensi profesi Nersnya,”ujar Jangga.

“Kewajiban saudara, adalah menunjukkan kemampuan di tengah masyarakat. Dan jangan lupa keberhasilan yang anda raih, tidak terlepas dari jerih payah orangtua, dosen dan pegawai, serta Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Dr. Jangga. Menurutnya, pada era globalisasi saat ini profesi Ners menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan.

Prosesi Angkat Sumpah Program Profesi Ners itu juga dihadiri, H. Ismail, S.Kep.Ners. Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) , Sulawesi Selatan. “Undang-undang RI Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan mengamanatkan bahwa praktik keperawatan harus didasarkan pada kode etik, standar pelayanan, standar profesi, dan standar prosedur operasional, “ujarnya.

“PPNI sebagai organisasi profesi Perawat, selain memperhatikan anggotanya, juga harus memastikan masyarakat menerima pelayanan dan asuhan keperawatan yang kompeten dan aman,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Dr. dr. H. Rachmat Latief, Sp.PD, M.Kes, FINASIM. Mengatakan, “UIT memiliki keunggulan pada sarana dan prasarana, sehingga patut untuk diacungi jempol, atas komitmen,” ujarnya. Dr. Rahmat, juga mengapresiasi UIT yang telah melahirkan banyak alumni dan mengisi berbagai RS di KTI.(Rilis Humas UIT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here